Komunitas Pemberdaya Internet melalui Permainan Ular Tangga

Komunitas Pemberdaya Internet melalui Permainan Ular Tangga – Penggunaan Internet pada saat ini memang tidak bisa dipungkiri, karena menjadi salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat. Penggunaan internet juga sudah mendominasi segala aspek kehidupan dan aktivitas manusia sehari-hari. Hal ini terjadi karena internet membawa banyak dampak positif bagi kehidupan, membawa kemudahan, meningkatkan efektivitas dan beberapa keuntungan lainnya. Ditambah lagi manfaat internet saat ini sudah dapat Anda rasakan dalam kehiduoan sehari-hari, terutama dalam bidang teknologi, komunikasi dan informasi. Mengingat internet kini banyak manfaatnya di berbagai bidang, maka tidak heran jika banyak pengguna internet dari beberapa kalangan usia mulai dari anak-anak sampai dewasa. Akan tetapi, disamping beberapa manfaat yang diperoleh dari penggunaan internet, juga terdapat beberapa dampak negatif terutama bagi anak-anak. Hal yang ditakutkan apabila mereka membuka situs-situs yang berbahaya dan belum sewajarnya dibuka oleh anak-anak.

Dengan demikian, salah satu komunitas pemberdaya peduli internet dan Tim Teknologi Informasi dan Komunimasi (TIK) di Kota Bandung mengadakan sebuah kegiatan mengenai sosialisasi dan penyuluhan terhadap penggunaan internet, terutama pada anak-anak. Hal ini dimaksudkan agar dapat meminimalisir dampak negatif yang diakibatkan, ketergantungan terhadap gadget serta kurang kepedulian para pengguna internet terhadap lingkungan sekitar. Sosialisasi ini mereka wujudkan melalui kegiatan CFD (car free day) di daerah Dago, Bandung. Konsep yang mereka usung menegnai pengenalan dan penggunaan internet secara positif menggunakan permainan ular tangga.

Komunitas Pemberdaya Internet melalui Permainan Ular Tangga

Permainan ini menggunakan karpet yang kurang lebih berukuran 3×3 meter dan sebuah dadu besar. Di setiap kolom nomor di bagian ular tangga ini, ditulis sebuah nasehat atau pepatah bahkan keuntungan serta cara penggunaan internet dengan bijak. Konsep penyuluhan ini sangat menarik untuk diikuti oleh kalangan anak-anak, akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika orang tua juga mengikuti kegiatan permainan ini. Dengan permainan ini, maka orang tua juga dapat dengan bijak mengkoordinasi serta memberikan nasehat kepada anak-anaknya agar tidak terperangkap ke dalam dampak negatif adanya internet yang kini sangat mudah diakses oleh usia anak-anak baik melalui HP atau sejenisnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!