Komunitas Pecinta Aeromodelling, Pecinta Teknologi Miniatur Pesawat Wajib Tahu Hal Ini

Komunitas Pecinta Aeromodelling, Pecinta Teknologi Miniatur Pesawat Wajib Tahu Hal Ini!

Komunitas Pecinta Aeromodelling, Pecinta Teknologi Miniatur Pesawat Wajib Tahu Hal Ini! – Aeromodelling merupakan kegiatan yang menggunakan miniatur pesawat terbang, bisa juga helikopter dengan tujuan edukasi, rekreasi, bisnis, olahraga, serta penyambung minat dan hobi. Cara kerja alat ini hampir menyerupai drone yaitu dikendalikan oleh pilot yang berada didarat menggunakan remote control sedangkan alat utamanya yang menrupai miniatur pesawat terus mengudara. Teknologi yang mampu dimodifikasi oleh anak bangsa ini ternyata memiliki komunitas pecinta aeromodelling yang sudah tersebar di kota-kota besar sleuruh daerah Indonesia seperti Yogyakarta, Cirebon, Bandung, dan lain sebagainya.

Salah satu komunitas ternama yaitu Jakarta Aeromodelling Club, yang sudah berdiri sejak lama yaitu 8 Juni 1980. Walaupun peminatnya jauh lebih sedikit dibanding komunitas teknologi drone, namun perkumpulan edukasi ini tidak pernah mati. Sampai sekarang jumlah anggota yang tergabung sudah mencapai ratusan bahkan ribuan orang. Anggota yang tergabung di dalamnya berasal dari berbagai latar belakang dan profesi yang berbeda seperti siswa dan mahasiswa, guru, pengusaha, pilot hingga dokter. Seperti komunitas pada umumnya, adanya perkumpulan ini dijadikan sebagai tempat berbagi informasi, ilmu, dan pengalaman sesama anggota. Informasi yang mereka bicarakan yaitu seputar bagaimana cara manuver pesawat, teknologi pesawat hingga edukasi regulasi penerbangan miniatur pesawat. Bagi mereka yang mencintai dunia teknologi, aeromodelling ini tidak memakan biaya yang mahal. Hanya saja ilmu yang didapatkan harus melalui pembelajaran yang baik dan terstruktur sehingga akan tercipta bakat dan keterampilan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Beberapa ajang kompetisi unjuk kebolehan telah diselenggarakan oleh IDN Poker di Yogyakarta, sebagai wadah komunitas yang memiliki hobi dan dengan peserta yang mempunyai keterampilan merakit pesawatnya sendiri. Pesawat aeromodeling terdiri dari dua jenis, yaitu menggunakan listrik dan teknologi mesin. Permainan teknologi aeromodelling ini tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Diutamakan untuk melakukan permainan aeromodelling di tempat yang luas dan tidak banyak pohon karena miniatur pesawat tersebut biasanya akan dikendalikan untuk bermanuver seperi pesawat tempur pada umumnya.

Aeromodelling yang juga bisa menggunakan miniatur pesawat model helikopetr ini mampu mengudara selama 10 menit dengan jarak maksimal sejauh 2 km. Sama halnya seperti drone, alat ini juga bisa dipasangi GPS sebagai arah kembali ke titik awal penerbangan. Selain permainan yang seru dan membutuhkan konsentrasi, perawatan pesawat aeromodelling atau aerohelicopter harus selalu diperhatikan. Perawatan teknologi di dalamnya tidak jauh beda dengan perawatan pada kendaraan bermotor.
Beberapa komunitas Aeromodelling memiliki slogan “Jangan Biarkan Langit Kosong”. Dengan demikian, kecintaan anggota komunitas terhadap alat yang dibeli atau dirakit sendiri akan bertambah. Semangat untuk menerbangkan miniatur pesawat ini akan semakin banyak dilakukan sehingga sering tercipta perkumpulan komunitas yang tidak kalah dengan teknologi canggih masa kini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!